SIUP,TDP

SIUP,TDP

Surat Izin Usaha Perdagangan (“SIUP“)

Setiap Perusahaan yang melakukan usaha perdangangan wajib untuk memilki SIUP. Berdasarkan Pasal 4 ayat (1) huruf c Permendag 46/2009, terdapat pengecualian kewajiban  memiliki SIUP terhadap Perusahaan Perdagangan Mikro dengan kriteria:

a.   Usaha Perseorangan atau persekutuan;

b.   Kegiatan usaha diurus, dijalankan, atau dikelola oleh pemiliknya atau anggota keluarga terdekat; dan

c.   Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp50.000.000,- tidak termasuk tanah dan bangunan.

Namun, Perusahaan Perdagangan Mikro tetap dapat memperoleh SIUP apabila dikehendaki oleh Perusahaan tersebut.

Tanda Daftar Perusahaan  (“TDP“)

Berdasarkan Pasal 1 angka 1 UU 3/1982 yang dimaksud dengan Daftar Perusahaan adalah daftar catatan resmi yang diadakan menurut atau berdasarkan ketentuan undang-undang ini dan atau peraturan-peraturan pelaksanaannya, dan memuat hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang dari kantor pendaftaran perusahaan

Adapun yang dimaksud dengan Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang menjalankan setiap jenis usaha yang bersifat tetap dan terus-menerus dan yang didirikan, bekerja serta berkedudukan dalam wilayah Negara Republik Indonesia, untuk tujuan memperoleh keuntungan dan atau laba;

SIUP,TDP

Terhitung dari tanggal 1 Juli 2010 tentang penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) pada pasal 3 dan pasal 4 peraturan tersebut berbunyi sebagai berikut:

1.SIUP Mikro memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp.50.000.000,-

2.SIUP Kecil memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp.50.000.000,- ~ Rp.500.000.000,-

3.SIUP Menengah memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp.500.000.000,- Rp.10Milyar

4.SIUP Besar memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp.10Milyar

SIUP,TDP

Reformasi Kebijakan Perizinan Usaha Perdagangan Indonesia
Dalam ketentuan Permendag 36/M-DAG/PER/9/2007 tersebut, terdapat beberapa pokok pengaturan  penerbitan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan),Setelah SIUP terbit perusahaan tersebut harus memiliki TDP (Tanda Daftar Perusahaan) dan ini merupakan kewajiban bagi perusahaan  yang kegiatan usahanya di sektor perdagangan baik bagi PMDN.Jika Perusahaan tersebut PMA harus memiliki IUT( Izin Usaha Tetap) yang di keluarkan oleh BKPM dan tetap harus memiliki TDP yang bersifat tetap, berkelanjutan dan berkedudukan di wilayah Indonesia dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan atau laba.

SIUPdan TDP berlaku selama perusahaan masih menjalankan kegiatan usaha perdagangan dan wajib melakukan pendaftaran ulang setiap 5 tahun sekali di tempat diterbitkannya SIUP dan TDP.

 

 

21 thoughts on “SIUP,TDP
  1. Mohon info apakah usaha catering perorangan (Utk murid2 SD dan SMP) juga diperlukan SIUP dan TDP. Usaha ini dikelola oleh istri dan saya, sementara baru dibantu oleh 2 orang pembantu rumah tangga. Kekayaan bersih masuk kelompok Rp 50 jt sd Rp 500 jt.

  2. Saya buka warung di rumah, jual barang p&d, kue2 kecil, saya juga jualan masakan, bahkan saya menjalankan usaha catering orangtua saya, dan perlengkapan pesta perkawinan, ini sebaiknya mengurus SiTU, SIUP atau TDP g?

  3. Nanyak donk:
    Kl suatu perusahaan (PT) berkantor pusat di Jakarta Selatan dan sudah mempunyai TDP, apakah saya masih harus buat TDP lg utk kantor2 cabang pembantu utk wilayah yg sama di Jakarta Selatan??

  4. Dear admin sy mau tanya, berapa biaya pembuatan SIUP dan TDP? Lokasi sy di bekasi. Aktifitas usaha sy bs dilihat di akun twiter sy @PapaySuparjo (Limbah PlastikHDPEPP) Bantargebang Bekasi. Thank’s for information.
    Best regards,
    Suparjo-Dewi

  5. Salam sukses,

    Saya mau tanya, usaha saya selama ini berbasis online, seperti: saham, ticketing, forex dan saat ini saya ingin ekspansi dengan membuka bisnis franchise properti sedangkan syarat mutlak disitu disebutkan harus berbadan hukum (PT), SIUP, PKP apakah bisa dengan usaha yg sudah berjalan membuat ijin seperti itu. Karena saya butuh untuk penambahan modal melalui bank, mohon bantuannya.

    Trims

  6. Salam Pengusaha,
    Suami saya buka usaha jasa bordir komputer, tp modal dan kepengurusan pribadi atau perorangan, itu termasuk badan usaha apa ya? Kalau CV kan persekutuan antara 2 org atau lebih dan ada kerjasama kerja, sementara usaha suami murni diurus dan dimodali pribadi. Usaha sudah berjalan >1 tahun,cicilan 2 mesin bordir komputer yg sudah masuk ditambah cicilan tempat usaha sekitar 200jt. Apa itu termasuk kekayaan bersih? Terimakasih

    • Ibu Ratih,sebaiknya dibuatkan badan Hukum CV jadi suami Direktur Ibu Ratih jadi Komanditernya
      Kekeyaan bersih tidak termasuk tempat usaha bu

      Trima kasih

      Shona

  7. Selamat siang,
    saya ada rencana utk buka usaha cuci mobil otomatis, kira2 untuk perijinannya apa yg perlu saya cari ya?

    Terima Kasih

    Surya

  8. selamat siang pak…toko yang baru buka 2 minggu apakah sudah di wajib kan untuk pembuatan siup situ nya pak?atau apakah ada keringanan seperti masa percobaan 3 bulan gitu…terimakasih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>