SIUP,TDP

SIUP,TDP

Surat Izin Usaha Perdagangan (“SIUP“)

Setiap Perusahaan yang melakukan usaha perdangangan wajib untuk memilki SIUP. Berdasarkan Pasal 4 ayat (1) huruf c Permendag 46/2009, terdapat pengecualian kewajiban  memiliki SIUP terhadap Perusahaan Perdagangan Mikro dengan kriteria:

a.   Usaha Perseorangan atau persekutuan;

b.   Kegiatan usaha diurus, dijalankan, atau dikelola oleh pemiliknya atau anggota keluarga terdekat; dan

c.   Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp50.000.000,- tidak termasuk tanah dan bangunan.

Namun, Perusahaan Perdagangan Mikro tetap dapat memperoleh SIUP apabila dikehendaki oleh Perusahaan tersebut.

Tanda Daftar Perusahaan  (“TDP“)

Berdasarkan Pasal 1 angka 1 UU 3/1982 yang dimaksud dengan Daftar Perusahaan adalah daftar catatan resmi yang diadakan menurut atau berdasarkan ketentuan undang-undang ini dan atau peraturan-peraturan pelaksanaannya, dan memuat hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang dari kantor pendaftaran perusahaan

Adapun yang dimaksud dengan Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang menjalankan setiap jenis usaha yang bersifat tetap dan terus-menerus dan yang didirikan, bekerja serta berkedudukan dalam wilayah Negara Republik Indonesia, untuk tujuan memperoleh keuntungan dan atau laba;

SIUP,TDP

Terhitung dari tanggal 1 Juli 2010 tentang penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) pada pasal 3 dan pasal 4 peraturan tersebut berbunyi sebagai berikut:

1.SIUP Mikro memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp.50.000.000,-

2.SIUP Kecil memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp.50.000.000,- ~ Rp.500.000.000,-

3.SIUP Menengah memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp.500.000.000,- Rp.10Milyar

4.SIUP Besar memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp.10Milyar

SIUP,TDP

Reformasi Kebijakan Perizinan Usaha Perdagangan Indonesia
Dalam ketentuan Permendag 36/M-DAG/PER/9/2007 tersebut, terdapat beberapa pokok pengaturan  penerbitan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan),Setelah SIUP terbit perusahaan tersebut harus memiliki TDP (Tanda Daftar Perusahaan) dan ini merupakan kewajiban bagi perusahaan  yang kegiatan usahanya di sektor perdagangan baik bagi PMDN.Jika Perusahaan tersebut PMA harus memiliki IUT( Izin Usaha Tetap) yang di keluarkan oleh BKPM dan tetap harus memiliki TDP yang bersifat tetap, berkelanjutan dan berkedudukan di wilayah Indonesia dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan atau laba.

SIUPdan TDP berlaku selama perusahaan masih menjalankan kegiatan usaha perdagangan dan wajib melakukan pendaftaran ulang setiap 5 tahun sekali di tempat diterbitkannya SIUP dan TDP.

 

 

148 thoughts on “SIUP,TDP
  1. Mohon info apakah usaha catering perorangan (Utk murid2 SD dan SMP) juga diperlukan SIUP dan TDP. Usaha ini dikelola oleh istri dan saya, sementara baru dibantu oleh 2 orang pembantu rumah tangga. Kekayaan bersih masuk kelompok Rp 50 jt sd Rp 500 jt.

  2. Saya buka warung di rumah, jual barang p&d, kue2 kecil, saya juga jualan masakan, bahkan saya menjalankan usaha catering orangtua saya, dan perlengkapan pesta perkawinan, ini sebaiknya mengurus SiTU, SIUP atau TDP g?

  3. Nanyak donk:
    Kl suatu perusahaan (PT) berkantor pusat di Jakarta Selatan dan sudah mempunyai TDP, apakah saya masih harus buat TDP lg utk kantor2 cabang pembantu utk wilayah yg sama di Jakarta Selatan??

    • Bos , saya minta jawaban perlu buat tdp kantor canbang lagio atau tidak
      Kl suatu perusahaan (PT) berkantor pusat di Jakarta dan sudah mempunyai TDP, apakah saya masih harus buat TDP lg utk kantor2 cabang pembantu utk wilayah yg sama di Klaimantan??

  4. Dear admin sy mau tanya, berapa biaya pembuatan SIUP dan TDP? Lokasi sy di bekasi. Aktifitas usaha sy bs dilihat di akun twiter sy @PapaySuparjo (Limbah PlastikHDPEPP) Bantargebang Bekasi. Thank’s for information.
    Best regards,
    Suparjo-Dewi

  5. Salam sukses,

    Saya mau tanya, usaha saya selama ini berbasis online, seperti: saham, ticketing, forex dan saat ini saya ingin ekspansi dengan membuka bisnis franchise properti sedangkan syarat mutlak disitu disebutkan harus berbadan hukum (PT), SIUP, PKP apakah bisa dengan usaha yg sudah berjalan membuat ijin seperti itu. Karena saya butuh untuk penambahan modal melalui bank, mohon bantuannya.

    Trims

  6. Salam Pengusaha,
    Suami saya buka usaha jasa bordir komputer, tp modal dan kepengurusan pribadi atau perorangan, itu termasuk badan usaha apa ya? Kalau CV kan persekutuan antara 2 org atau lebih dan ada kerjasama kerja, sementara usaha suami murni diurus dan dimodali pribadi. Usaha sudah berjalan >1 tahun,cicilan 2 mesin bordir komputer yg sudah masuk ditambah cicilan tempat usaha sekitar 200jt. Apa itu termasuk kekayaan bersih? Terimakasih

    • Ibu Ratih,sebaiknya dibuatkan badan Hukum CV jadi suami Direktur Ibu Ratih jadi Komanditernya
      Kekeyaan bersih tidak termasuk tempat usaha bu

      Trima kasih

      Shona

  7. Selamat siang,
    saya ada rencana utk buka usaha cuci mobil otomatis, kira2 untuk perijinannya apa yg perlu saya cari ya?

    Terima Kasih

    Surya

  8. selamat siang pak…toko yang baru buka 2 minggu apakah sudah di wajib kan untuk pembuatan siup situ nya pak?atau apakah ada keringanan seperti masa percobaan 3 bulan gitu…terimakasih …

  9. Saya mw buat siup dan tdp untuk buka agen lpg, saya cm ada modal usaha tidak ada kekayaan bersih 50jt
    Apakah bs membuat ijin tersebut, dan kalo bisa berapa biaya untuk buat siup tdp tsbut

  10. Saya buka usaha studio musik atau rental band…..mgkin modal alat band nya skitar 40jt…..apakah wajib bkin SIUP….

  11. Yang saya mau tanyakan….
    1. Apakah pengurusan SIUP & TDP di tiap daerah berbeda?
    2. Jika tidak berbeda,berapakah biaya resmi pengurusan pembuatan SIUP,TDP
    3. Jika berbeda,berapakah biaya resmi pengurusan pembuatan SIUP,TDP di
    Balikpapan,kota tempat saya tinggal?
    4. Apakah dalam pengurusan pembuatan SIUP,TDP sebelumnya harus
    mengurus ijin lingkungan juga?
    Terima kasih untuk segala infonya

  12. mau tanya apakah jenis jasa yang muncul di SIUP harus sama dengan TDP, contoh di SIUP ada lebih dari 5 jenis usaha tapi di TDP hanya satu kegiatan usaha pokok umpama di siup ada usaha catering di TDP muncul perdagangan umum mana yang menjadi patokan, sedangkan kita mecari jenis usaha catering mohon penjelasan… terimakasih…

  13. Dear admin, mohon informasinya.. Saya baru mu mendirikan perusahaan digital printing dan percetakan kecil-kecilan dan ingin buat CV, untuk biaya pembuatan SIUP kecil dan TDP daerah bogor brp ya?

  14. Dear admin…

    Mohon info,
    Saat ini kami sedang dalam proses pengurusan SIUP dan TDP,dalam hal ini kami diminta untuk menjelaskan secara detil tentang pekerjaaan/kegiatan usaha.
    Tetapi yang kami masih bingung,kami kembali ditanya seperti ini

    “Pengadaan brg/jasa apa aja rcnnya, utk buatkan SIUP DAN TDP nya, utk Situ dan Ho nya sdh di ambil dan Legis PN nya ok. utk bdg usaha Pengadaan brg/jasa apa aja gt nk, nt ddg buatkan SIUP DAN TDP nya, hrs jelas misalnya, jasa angkutan CPO, perdagangan Bibit sawit atau buah sawit ?.
    Apbl KONTRAKTOR DAN PENGADAAN BRG/JASA, itu di SITU DAN HO, Tp u SIUP DAN TDP nya lbh spesifik jenis usaha yg akan di jalankan, dan di batasi 3 sub KLUI nya”

    Mohon penjelasannya.
    Maaf kalau kami harus bertanya sedetil ini,karena dalam hal ini kami masih baru mulai berjalan.

    Sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terimakasih.

    Regards.

  15. Dear Admin,
    Kantor saya mempunyai 11 cabang diseluruh indonesia
    dan kami mempunyai TDP dan SIUP untuk di Kantor pusat saja.
    Pertanyaannya : Apakah setiap kota cabang tersebut harus mempunyai SIUP dan TDP atau cukup satu saja di kantor pusat?

    Terima kasih

  16. saya ingin melakukan usaha yang bergerak pada bidang suplier pupuk dan harus memiliki TDP dan SITU. apakah modal kurang dari 50 jt tidak diperbolehkan mengurus TDP dan SITU?

  17. permisi maaf mau tanya, kalo koperasi mau membangun usaha travel gitu persyaratan untuk membuat siupnya pakai yang mana ya min? thanks

  18. Dear Admin,

    Saya domisili kota Medan dan mau buka usaha minuman kesehatan (herbal), normalnya berapa lama proses siup dan tdp nya keluar? Dan biaya administrasi siup dan tdp di kota Medan itu kena berapa?
    Terima kasih.

  19. Selamat sore admin :)

    saya mau tanya, apa aja ya yg harus disiapkan untuk membuat SIUP dan TDP perusahan diwilayah bekasi? biayanya? dan dimana untuk membuatnya? apa betul di disperindag?

    Terima Kasih..

  20. Malam pak…

    Rencana saya ingin bekerja sama membuat rmh mkn sunda tp kecil2an. Apakah saya hrd membuat siup terlebih dahulu atau nanti si jk usaha rmh mkn ini sdh berjalan?

    Terima kasih

  21. Gan…ane karyawan yg perusahaannya berkantor pusat di Tangerang. Nah untuk pembukaan kantor2 cabang di daerah lain itu perlu SIUP dan TDP juga? Kalau misal pake SITU (surat ijin tempat usaha) aja bisa gak?

  22. Mohon info….apakah pialang reasuransi juga perlu ada TDP? Kami sdh ada Ijin usaha dari OJk ddn SK Menkeh…..berapa biaya urus TDP

  23. Pak saya usaha di bidang jasa merias (make up artist), dimana jasa saya home service atau panggilan ke rumah. Apakah perlu saya membuat siup?

  24. Mau tanya,teman sy mau mendirikan uasaha travel terutama menjual tiket pesawat,voucher hotel,tiket kereta api dan dokument lain nya,persyaratan nya apa aja ya dan biaya nya kira kira brapa dan proses brapa hari,thanks

  25. Maaf…saya mau tanya
    Saya mempunyai usaha sewa mobil di kota solo
    Apakah persewaan mobil diharuskan membuat SIUP, TDP??
    Bagaimana cara mengurusnya??
    Kira” biaya pembuatannya berapa ya??

  26. Dear Admin

    Saya akan mendirikan usaha cuci mobil dg 4 hidrolik, perizinan apa saja yang dibutuhkan? Apakah wajib ada IMB, TDP, SIUP dan SITU? Saya dapet infor masi bahwa SIUP SITU boleh diurus maksimal setelah usaha berjalan selama 2 tahun. Terimakasih.

  27. saya mau minta tolong dibuatkan siup dan tdp , untuk perusahaan aagency pelayaran, siup kecil, karna saya urus sendiri di kecamatan katanya alasannya tidak bisa karena domisili perumahan bukan perkantoran padahal say sudah buat keterangan domisili perusahaan yg dikeluarkan lurah dan ttd camat, tolong dibantu urus ya, 081398819923. trims saya tunggu info secepatnya

  28. Untuk jual minuman Wine import dari licensed distributor secara online dan dorship, apa SIUP diperlukan? apa ada ijin khusus lainnya? Usaha ini tanpa modal hanya bermodal website dan hosting. Juga tidak memerlukan warehousing atau stock-taking. eCommerce website hanya sebagai fasilitas marketing dan online ordering. Mohon di berikan petunjuk, thank you.

  29. Selamat pagi..mau tanya dong..saya rencana mau buka usaha eskrim modal keseluruhan 45 juta + sewa toko..
    Kira kira berapa biaya untuk membuat siup mikro& tdp..
    & bagaimana caranya jika saya ingin mendaftarkan lewat anda..
    Untuk di daerah ujung aspal kranggan.
    Thanks

  30. mau nanya, saya kerja di perusahaan dagang panci bisa cash n kredit dia di daerah saya priangan timur punya 4 cabang penghasilan dari penjualan dan tagihan per cabang rp 70 jt, tapi g punya siup xan tdp di cabang2nya itu gmn?

  31. mau nanya, saya kerja di perusahaan dagang panci bisa cash n kredit dia di daerah saya priangan timur punya 4 cabang penghasilan dari penjualan dan tagihan per cabang rp 70 jt, tapi g punya siup dan tdp di cabang2nya itu gmn?

  32. Dear admin….saya mau tanya, untuk bikin siup atas nama CV untuk wilayah jakarta selatan kira2 biaya nya berapa ya? Saya bergerak dibidang Refill center

  33. Selamat Malam, untuk Bikin SIUP Perorangan yang diperlukan apa saja dan berate biayanya?
    saya berdomisili di Jakarta
    Bidding Usaha Minuman

  34. Malem min, saya mau nanya. Saya mencoba memulai usaha membuat Sabun (Kosmetik) tetapi hanya saya saja yang membuat sabun tersebut di rumah dan tidak dibantu orang lain, itupun dalam skala kecil dan juga saya membuatnya tidak teratur, (maksudnya kalau stock habis baru saya buat lagi). jadi saya harus mengurus izin apa saja supaya usaha membuat sabun saya ini legal dan terdaftar?

    apakah saya harus mengurus SIUP jg? tapi kekayaan bersih saya tidak sampai Rp.50.000.000,-

  35. Selamat Sore pak,,
    Saya berada di Kabupaten Trenggalek Jawa Timur. saya berencana mendirikan CV. di bidang tenaga listrik. pertanyaan saya :
    1. apa saja persyaratan yang harus saya penuhi ?
    2. Berapa semua biaya yang harus saya keluarkan sampai siap operasional ?
    3. Berapa lama Jadinya CV saya sampai bisa operasional ? terimakasih

  36. Saya pernah buat perusahaan dalam bentuk PT dan akte pendirian hingga NPWP pun sudah ada, hanya sudah lama berlokasi di Jakarta Selatan, kira-kira berapa biayanya untuk pengurusan memperbaharui PT tersebut, bapak/ibu, terimakasih,

  37. Pingback: Ijin Usaha Sewa Alat Berat - indosewa.org

  38. saya mau bertanya… ada suatu perusahaan tepung tapioka yang memproduksi tepung tapioka sesuai dengan izin siupnya merek “A” kemudian perusahaan tersebut memproduksi lagi merek lain yaitu merek “B”, “C”, dan “D” …apakah perusahaan tersebut sudah menyalahi surat izin usaha perdagangan …. jika menyalahi dimanakah diatur undang-undangnya….

  39. Salam,
    Saya mau tanya, saya kan ada rencana membuka usaha jadi agen JNE, apa saja yg perlu di urus utk membuka usaha saya itu, apakan CV / TDP / PT kah? Apa saja persyaratan yg harus saya siapkan dan brp biaya pengurusannya utk wilayah cipinang muara jakarta timur. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

  40. mau nanya, saya baru mau memulai bisnis kue kering rumahan, apakah perlu membuat SIUP dan TDP?modal sendiri, dan hanya mempekerjakan orang sekitar 5orang

  41. Apakah CV untuk pengadaan komputer harus memiliki TDP yang mempunyai bidang pengadaan komputer juga? Karena pada SIUP sudah tertera. Trims

  42. Numpang tanya. Saya rencana mau buka toko HP di dalam mall. Utk skg saya tdk tau apakah keuntungany akan mencapai 50jt atau tdk. Apakah masih haryus buat siup&tdp? Dan di salah satu syarat ny harus ada akte pendirian, mksd ny gmn ya?
    Apakah klo sudah ada siup tdp, saya msh perlu bayar pajak ?
    Terima kasih

  43. Mohon info, kami ada rencana untuk buka toko di daerah tangerang. Toko alat rumah tangga kecil-kecilan.
    Kira2 untuk start awal kami harus mempersiapkan surat2 apa saja?
    Info step yang perlu kami persiapkan untuk membuka usaha ini.
    Agar dari awal sudah didasari hukum yg kuat. Terima kasih

  44. Saya mau membuat SIUP + TDP untuk perusahaan yang saya tempati. Namun, kepemilikan dari perusahaan ini statusnya menyewa.
    Untuk pembuatan SIUP + TDP ini apakah syaratnya harus melampirkan IMB dari bangunan perusahaan tsb?
    Lokasinya di Jakarta Barat – Tanjung Duren.
    Terima Kasih.

  45. kami sudah memiliki SIUP dengan bidang usaha utama : bahan bangunan (diluar pasir,batu), alat listrik,mesin,AC,ATK, jasa perbaikan mesin, jasa perbaikan AC, jasa kebersihan gedung, jasa persewaan genset, jasa persewaan alat listrik, jasa penunjang kelistrikan.
    dan kami ingin menambahkan di dalam bidang usaha kami yaitu pembangunan perumahan, bagaimana prosesnya untuk penambahan tersebut pada SIUP yang sudah ada saat ini?
    atas kerja samanya disampaikan terima kasih

  46. Mohon info, untuk pembuatan CV apakah jenis usaha yang dilakukan dapat lebih dari satu jenis usaha? misal jenis usaha catering dan pakaian digabung dalam satu CV
    Terima kasih..

  47. saya mau tanya,
    orang tua saya memiliki usaha untuk memproduksi pakaian jadi, pertanyaan saya:
    1. Kalau sudah sudah punya SIUP , apakah sudah dapat dibilang memiliki CV ?
    2. Apakah CV itu boleh memiliki nama yang sama dengan CV orang lain ?
    3. Apakah nama Merk dagang harus sama dengan nama CV ?
    4. Kalau ingin mematenkan Merk dagang, Bagaimana caranya dan berapa lama waktunya ?
    Terima Kasih

  48. Saya, dan teman-teman saya baru saja membuat sebuah CV. yang bergerak di bidang Perangkat Lunak / Software, yang kebetulan di danai oleh seorang investor, kemarin di Notaris hanya diberi tahu bahwa harus membuat NPWP Direktur dan NPWP CV, lalu pertanyaanya apakah harus ada SIUP / TDP?

  49. Min bisakah urus siup untuk daerah balikpapan,saya ada jasa dibidang gorengan ada beberapa rombong bisakah usaha seperti itu diuruskan siup kira2 untuk biaya komplit siupkecil berapa.trims

  50. Sore ..
    Saya ingin menanyakan, saya membuka Usaha dibidang Jasa, tepatnya saya menjual Software Akuntansi, Saya sudah mempunyai 15 Karyawan tetapi usaha saya belum membuat syarat seperti SIUP dan yang lainnya, bahkan usaha saya belum memiliki identitas CV ataupun PT. Yang diperlukan untuk membuat PT apa saja dan berapa biayanya, Jika satu paket apa saja yang akan dibuatkan ?
    Terima Kasih ..

  51. Selamat Siang
    Kami mau memperpanjang TDP,lokasi Usaha kami di Cikarang Selatan.
    1. Ke mana kami harus mengurus perpanjangan
    2. Syarat perpanjangan :
    3. Adakah biaya u perpanjangan

    Demikian Terima kasih/Priyanto

  52. Permisi Admin,
    Saya mau mendirikan sebuah kafe perdana bukan franchise tapi independen(Buka merek sendiri) yang termasuk golongan SIUP kecil dengan modal sekitar hampir 300 Juta. apakah saya harus membuat badan hukum sperti CV/PT juga? apakah SIUP & TDP bisa dibuat tanpa mendirikan badan hukum? terima kasih sebelumnya hehe

  53. Selamat siang
    Apakah SIUP yang lebih besar dapat mendaftar pada kegiatan lelang yang nilainya lebih kecil. Trims

  54. Selamat Siang Bapak Ibu Pengelola,
    Apakah perusahaan yang mempunyai SIUP yang kreterianya lebih besar dapat mengikuti pengadaan barang dengan kreteria SIUP yang lebih kecil.
    Trims

  55. Selamat pagi ,
    Saya sudah mendirikan CV, namun untuk siup dan tdp saya belum tau cara urusnya. Kalo mau ngurus surat2 itu tempatnya di bagian apa ya? apa setiap kabupaten berbeda? Saya berada di kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Apakah ada biaya untuk pengurusan surat2 tersebut.
    Terima kasih sebelumnya.

  56. saya punya usaha toko es krim, rencana mau buka cabang dan mau dibuat waralaba, mohon informasi dan saran untuk perijinan yang diperlukan.

    Terima kasih

  57. saya ingin membuat sebuah usaha dagang restoran makan
    dan akan dibangun kembali banguannya untuk direnovasi
    tetapi apakah perlu mengurus imb renovasi
    dan apakah harus ada siup dan tdp

  58. slmt sore, sy mau tanya

    apakah PT harus punya SIUP atau hanya TDP aja?

    soalnya sy dapat info yang membingungkan yaitu beberapa hari yang lalu teman saya ke disperindag ngambil Formulir SIUP dan info dari DISPERINDAG bahwa SIUP untuk PT sudah tergabung jadi satu dengan TDUP (pariwisata). jadi dari disperindag hanya mengeluarkan TDP untuk PT. apakah benar demikian…..mohon infonya…..terima kasih

  59. selamat malam
    Mau tanya, saya akan membuat usaha dibidang jasa trip organizer, nah untuk legalitasnya surat menyurat yang dibutuhkan apakah menggunakan SIUP atau menggunakan yang lain?
    Apakah hanya surat izin itu saja atau ada yang lain?
    terimakasih

  60. selamat malam
    Mau tanya, saya akan membuat usaha di bidang jasa trip organizer, untuk legalitasnya apakah mengunakan SIUP atau yang lainnya?
    apakah hanya surat itu saja atau ada yang lain?
    terimakasih

  61. Mohon infonya :
    Saya mau mendirikan usaha Warnet, karena keterbatasan modal awal, untuk sementara ini saya memanfaatkan garasi rumah sendiri sebagai lahan untuk membuka usaha warnet dengan modal awal dibawah 40 juta.
    perizinan apa saja yang harus saya miliki untuk menjalankan usaha tersebut ?
    trims.

  62. Yth Perizina Usaha
    mohon dibantu informasi:
    Rekan Saya pada bulan April 2015 sudah mendirikan perusahaan setingakat PT (perseroan terbatas) di Surabaya. dan saat ini berencana membuka cabang di jakarta atau bekasi, syarat syarat apa saja yang harus saya siapkan untuk membuka cabang di Jakarta atau bekasi. untuk SIUP, TDP, PKP dan Akte notaris dari pemkot Surabaya karena nanti menyangkut masalah Pajak nya dan yang bertanggung jawab atas faktur pajak (yang menandatangi, mohon dibantu informasi nya

    Terima kasih

    Salam
    Eko
    PT. Jati Wuni Barokah

  63. slamat siang,sy mau tanya klu untuk pembuatan cv,siup & Tdp daerah bogor biayanya brapa ya min,sy punya usaha kemidi putar di pasar mlm …dengan modal awal 50 – 500juta.

  64. Apakah pembuatan siup bisa menggunakan alamat tempat tinggal?
    Dan apakah ingin mengajukan PKP bisa mengunakan alamat tmpt tinggal? Karena yg saya dengar ingin mengajukan PKP harus minimal ruko. Mohon pencerahannya karena saya sedang melakukan kegiatan usaha home industri dan saat ini perlu PKP untuk meningkatkan usaha saya. Trimakasih

  65. Dear Admin

    saya ingin mengurus SIUP untuk CV, berapa biaya yang di butuhkan?, badan usaha untuk logistik ( keagenan JNE )

  66. dear admin,
    untuk pembuatan cv itu kan ada banyak syaratnya, jika saya belum punya semua itu seperti akte notaris dll berapa biayanya agar saya bisa punya cv, siup dan tdp? Saya domisili usaha di bekasi, jenis usaha studio musik, status tempat usaha sewa, modal awal dl sekitar 200an jt. Trims

    • Dear Ibu Dini
      Kami pengurusan CV dari akte,domisili,npwp perusahaan dan siup,tdp bu
      Biaya Komplit 6jtaan
      Bekasi Kota atau Bekasi Kecamatan bu

  67. Usaha kami ikut waralaba dengan lokasi Tangerang, dimana pemberi waralaba bebentuk PT dan berdomisili di Surabaya sudah memiliki SIUP dan TDP. Apakah kami juga harus memiliki SIUP dan TDP, sedangkan kami bukan suatu CV atau PT. Mohon arahannya, dan kami ucapkan terimakasih.

  68. Tanya donk.
    Apakah usaha jual pakaian harus buat siup dan TDP.trus biaya ny berapa.
    Lokasi kab.Sekadau (KALBAR)

  69. Untuk Izin Usaha Perusahaan Jasa Penunjang Migas, kemana kita harus urus, karna kalau SIUP adalah izin untuk usaha perdangan

  70. Apakah ada kemungkinan sebuah perusahaan perseorangan (UD) mempunyai SIUP tapi tidak mempunyai TDP? Atau kedua2nya wajib?

  71. Saya memiliki usaha dibidang IT (jasa web hosting, design web, maintenance web, dll), dan berkantor dirumah yang tidak ada IMB nya. Apakah mengurus dokumennya ada masalah atau tidak, misal saya ingin membuat CV kelas kecil 50jt – 500jt. Terima kasih

  72. Selamat pagi mba… saya barusan mau bikin usaha jasa servis AC Apa perlu yah buat cv… ato surat apa begitu.. makasih sebelumnya

  73. dear admin,
    saya mau tanya…
    1. usaha saya di bekasi kota, usaha saya meliputi perdagangan umum termasuk supplier dan jasa packing moving, saya belum punya badan hukum, dan ada keinginanan buat CV, tapi KTP saya ktp luar bekasi tepatnya ktp jawa tengah, apakah saya bisa bikin Cv di bekasi? .
    2. status tempat usaha saya sewa berupa bangunan ruko 2 lantai, apa mesti saya tanyakan/minta copy dokumen seprti IMB dan PBB nya ke pemilik bangunan?
    terimakasih

  74. Pagi,

    Saya ada 2 pertanyaan, smoga bisa memberi pencerahan saya. Saya berencana membuka usaha kerjasama dengan Honda Ahass.

    1. Apa bisa membuat TDP dan SIUP tanpa memiliki CV ?

    2. Apa dengan 1 CV bisa memiliki lebih dari 1 TDP dan SIUP ?

    3. Apa bisa alamat di TDP dan SIUP, beda dengan lokasi usaha itu sendiri ?

    Terima kasih, mohon dimaklumi dengan pertanyaan diatas.

    Salam Superb

  75. Siang, dear..
    Saya mau tanya, saya ada rencana mau buka salon di ruko, apa aja perizinan yg saya perlukan.? Trims mbak, mohon bantuannya..

  76. Siang dear,
    Saya mau tanya, saya ada rencana mau buka usaha salon kecantikan, apa aja perizinan yg saya perlukan, ?trims mbak, mohon penjelasannya,,

  77. mau tanya mbak?
    saya sdh bikin pt (perjalanan pariwisata) dan sdh keluar keluar HO dan TDUP (tanda daftar usaha pariwisata). apa bisa diurus tdp dan siupnya?
    kalau mau jual beli dan buka loundry apa perlu siup yg lain?

  78. Metmalam
    saya punya toko/warung mdl rp 15 jt an dan pangkalan gas lpg 3kg punya tabung 250 hrg 1 tabung rp 105 rb dan Modal pembelian refil lpg 3kg rp 3jt an.dAn tidak punya karyawan
    apkah saya hrs punya siup / tdp
    trims.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *